Senin, 15 Oktober 2012

PENGARUH MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN IBADAH SHOLAT SISWA (Penelitian Di MTs Darul Ulum Cipari Kelas VIII Tahun 2011/2012)


PENGARUH MATA PELAJARAN FIQIH TERHADAP PENINGKATAN KEDISIPLINAN IBADAH SHOLAT SISWA
(Penelitian Di MTs Darul Ulum Cipari Kelas VIII Tahun 2011/2012)



SKRIPSI

Diajukan untuk memenuhi salah satu syarat penelitian guna
memperoleh gelar Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I)
Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI)




2CAEB5A0








Oleh :

WAHID ROMADLON
NIM.08.A.I.1.0082


JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
MIFTAHUL HUDA AL AZHAR
STAIMA BANJAR


1433 H / 2012 M






ABSTRAKS

WAHID ROMADLON. 2012. Pengaruh Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Ibadah Sholat Siswa (Penelitian Di MTs Darul Ulum Cipari Kelas VIII  Tahun 2011/2012).
            Berdasarkan studi pendahuluan di lokasi penelitian diperoleh fakta bahwa kedisiplinan ibadah sholat siswa termasuk kategori masih kurang dari harapan, hal ini disebabkan karena pembelajaran dilaksanakan bersifat pasif, sehingga perlu diupayakan suatu pemecahan terhadap permasalahan tersebut.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana melakukan peningkatan kedisiplinan ibadah sholat siswa melalui mata pelajaran fiqih. Penulis mengadakan penelitian ini bertujuan untuk : Untuk mengetahui pengaruh Mata Pelajaran Fiqih bagi siswa kelas VIII tahun 2011/2012 MTs Darul Ulum Cipari Cilacap. Mengetahui kedisiplinan ibadah sholat siswa kelas VIII tahun 2011/2012 MTs Darul Ulum Cipari Cilacap. Mengetahui adakah pengaruh yang signifikan mata pelajaran Fiqih terhadap peningkatan kedisiplinan ibadah sholat siswa kelas VIII tahun 2011/2012 MTs Darul Ulum Cipari Cilacap.
            Kemudian data dikumpulkan serta disusun secara terurut dan dianalisis untuk mencari data yang valid kemudian dianalisis dan dihitung dengan menggunakan rumus korelasi “Product Moment”. Data yang dimaksud adalah data hasil dari angket dan interviu dari Pengaruh Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Ibadah Sholat Siswa.
            Dari hasil penelitian yang penulis peroleh kemudian disimpulkan. Kesimpulan penulis adalah Pengaruh Mata Pelajaran Fiqih baik. Peningkatan Kedisiplinan Ibadah Sholat Siswa baik. Pengaruh Mata Pelajaran Fiqih Terhadap Peningkatan Kedisiplinan Ibadah Sholat Siswa (Penelitian Di Mts Darul Ulum Cipari Kelas VIII  Tahun 2011/2012) adalah signifikan karena th= 12,45 > dari pada ttabel = 60  = 0,254 taraf signifikasi 5%, th = 12,45 > dari pada ttabel = 60  = 0,330 taraf signifikasi 1%, df = 62-2 = 60  nilai kritis 60 dari ttabel adalah 0,254 pada taraf signifikasi 5% dan 0,330 pada taraf signifikasi 1%, yang artinya thitung lebih besar dari nilai ttabel, yang mana ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan.
Berdasarkan uji hipotesis, maka dapat dinyatakan bahwa Hipotesa Kerja (Hi) yang penulis ajukan, yakni Ada pengaruh yang signifikan Mata Pelajaran Fiqih dengan Peningkatan Kedisiplinan Ibadah Sholat siswa kelas VIII tahun 2011/2012 di MTs Darul Ulum Cipari Cilacap”, diterima. Dan sebaliknya Hipotesa Nihil (Ho) ditolak.

Kata kunci : Pengaruh Mata Pelajaran Fiqih, Kedisiplinan, Ibadah Sholat, Siswa





BAB IV 
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Dari hasil penelitian dan melalui proses wawancara dengan guru di MTs Darul Ulum Cipari, diketahui  bahwa mata pelajaran fiqih memang mempunyai pengaruh yang dapat membentuk pribadi yang utuh dan berdisiplin, hal ini diawali dengan sikap keteladanan seorang pendidik dalam penerapan dan mengimplementasikan materi yang ada dalam mata pelajaran fiqih seperti tatacara berwudhu, melaksanaan sholat fardlu, tahajud dan shalat sunat, menjaga kebersihan baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan, serta Belajar. Baik belajar di madrasah maupun belajar dirumah. serta menggunakan waktu yang telah ditentukan dengan seefektif mungkin agar mereka memiliki akhlakkul karimah. Seorang figur dalam melaksanakan pembinaan nilai-nilai disiplin pada siswa, terutama difokuskan pada disiplin beribadah, belajar dan waktu agar mereka memiliki akhlakul karimah.

112
 

Salah satu cerminan disiplin siswa kelas VIII tahun 2011/2012 MTs Darul Ulum Cipari Cilacap dapat dilihat dari kebiasaan dalam Beribadah terutama sholat dhuha serta sholat dzuhur. Pelaksanan ibadah dalam islam mencakup semua amal yang dilakukan dengan niat mengharapkan ridho Allah Swt, sehingga amal yang dilakukan dapat bermanfaat bagi siswa. Melalui proses observasi, penulis mengamati bahwa beberapa guru sebagai tokoh teladan dalam disiplin belajar mencontohkan sikap teladannya dengan membiasakan tertib membaca salam, tertib masuk ruangan, tertib berdo’a sebelum dan sesudah belajar, serta membaca alquran, tertib menyelesaikan tugas, menghindarkan diri dari datang terlambat. Selain itu, dilakukan pula melalui tauladan dalam memimpin kebersihan badan, pakain, tempat ibadah (mesjid), dan tidak membuang sampah dimana saja.
Dari keseluruhan proses penelitian yang telah penulis laksanakan mengenai Pengaruh Mata Pelajaran Fiqih terhadap Peningkatan Kedisiplinan Ibadah Sholat siswa kelas VIII tahun 2011/2012 di MTs Darul Ulum Cipari Cilacap, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan. Dari hasil penelitian diatas, data-data yang penulis peroleh adalah melalui angket yang disebarkan kepada responden yaitu Siswa kelas VIII MTs Darul Ulum Cipari kabupaten Cilacap yang berjumlah 62 orang yang dijadikan sample atau 100% dari jumlah keseluruhan Siswa Kelas VIII.
Dengan lebih besarnya harga t hitung daripada t table yakni pada tarf 5% dan 1% berarti hipotesa alternative (Ha) diterima yaitu adanya pengaruh positif Mata Pelajaran Fiqih terhadap peningkatan Kedisiplinan Ibadah Sholat siswa, dan sebaliknya hipotesa nihil (Ho) ditolak ditunjukan dengan adanya pengaruh Mata Pelajaran Fiqih terhadap pembentukan kedisiplinan sholat siswa.
Sehingga penulis dapat membuat kesimpulan bahwa terdapat korelasi positif atau pengaruh Mata Pelajaran Fiqih terhadap pembentukan kedisiplinan sholat siswa kelas VIII di MTs Darul Ulum Cipari Kabupaten Cilacap.



B.       Saran
Dengan tidak bermaksud mengurui, penulis akan mencoba memberikan sedikit saran yang mudah-mudahan bisa bermanfaat membangun. Berdasarkan hasil penelitian ini yakni :

  1. Pendidikan Mata Pelajaran Fiqih yang memberikan kepada hendaknya selalu dapat menggunakan metode mengajar yang bervariasi agar dapat menarik siswa untuk untuk lebih memperdalam lagi keilmuan tentang Pendidikan Agama Islam terutama Mata Pelajaran Fiqih.
  2. Hendaknya guru tidak hanya menekankan aspek kognitifnya saja namun lebih mendekatkan pula pada aspek psikomotorik dan aspek afektif. ini dilakukan agar pengetahuan keagaman siswa dapat tercermin dalam keseharian dan kehidupan mereka.
  3. Guru hendaknya dapat mendorong anak didik agar bergairah dan aktif belajar, karena dalam interaktif edukatif tidak mustahil ada diantara anak didik yang malas belajar dan sebagainya. Untuk menjadikan motivasi yang efektif maka guru menganalisis motif-motif yang melatar belakanginya, dan memperhatikan kebutuhan anak didik.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar